• Jelajahi

    Copyright © TUAH NUSANTARA | TANDA CINTA UNTUK INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

     


    Golkar-PPP Teruskan Koalisi Untuk Limapuluh Kota Maju dan Berkelanjutan

    Redaksi Utama
    Selasa, 21 Mei 2024, 2:15 PM WIB Last Updated 2024-05-21T07:15:52Z

     



    Limapuluh Kota, Tuahnusantara.com 

    Peta Pilkada Limapuluh Kota 2024, sedikit demi sedikit mulai tersingkap. Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) selaku pemilik gabungan 8 kursi DPRD hasil Pemilu 2024, berkemungkinan  akan melanjutkan koalisi yang sudah dibangun sejak Pilkada 2020.


    Kemungkinan Golkar dan PPP  melanjutkan koalisinya di Kabupaten Limapuluh Kota semakin terlihat nyata, manakala Wakil Ketua DPD Golkar Sumbar Safaruddin Datuak Bandaro Rajo yang juga bupati incumbent, datang ke kantor DPC PPP Limapuluh Kota, siang Senin (20/5). Datuak Safar, demikian Safaruddin akrab disapa, datang untuk mendaftar sebagai calon bupati periode mendatang dari PPP.


    Datuak Safar mendaftar ke kantor PPP dengan diantar putra kandungnya yang juga Ketua DPD Partai Golkar Limapuluh Kota, Doni Ikhlas, bersama  Sekretaris Surya Chandra dan bendahara Willy Argo. Selain mereka, juga ikut mengantar anggota Fraksi Golkar Afri Yunaldi, calon terpilih DPRD dari Golkar M. Fajar Rillah Vesky,  Defrianto Ifkar,  dan Ferry Lesmana Riswan Dt Bandaro Kayo, serta seluruh Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar se-Limapuluh Kota.


    Sedangkan yang menanti Datuak Safar dan rombongan Golkar di kantor DPP PPP Limapuluh Kota, adalah Ketua DPC PPP H Ermizal Jalinus yang digadang-gadang bakal maju sebagai calon wakil bupati. Kemudian, juga ikut menanti, pengurus dan politisi  PPP Limapuluh Kota, seperti Asrul Aziz Dt Karongkong Kayo, Musanif Putra, Adek Chandra, Muslim KH, Muslim, dan  calon DPRD terpilih dari PPP Taufik Hidayatullah.


    Dalam pertemuan itu, Ketua DPC PPP Limapuluh Kota H Ermizal Jalinus, menyampaikan rasa bangganya, karena setelah empat tahun berlalu, koalisi yang dibangun PPP dan Golkar, masih tetap berjalan. "Kami bangga. Koalisi jalan.

    Walau ada kerikil, tapi hubungan PPP dan Golkar masih berjalan sampai sekarang," kata Haji Emi, panggilan akrab H Ermizal Jalinus.


    Pengusaha peternakan unggas dan Pertashop ini memberi isyarat, bahwa koalisi Golkar dan PPP, bisa berlanjut dalam Pilkada 2024 ini. "Bagaimana kita memilih calon  pemimpi yang mumpuni. Kita berharap banyak ke bupati Limapuluh Kota, karena sudah bekerja baik selama ini. Kita berharap, kerjasama yang baik kita lanjutkan. Lebih aman dan lebih lancar ke depan," kata H Emmy Setiawan.


    Bagaikan kata berjawab dan gayung bersambut, Ketua DPD Golkar Limapuluh Kota, Doni Ikhlas, juga menyampaikan keinginan Golkar melanjutkan koalisi yang sudah digalang dengan PPP sejak Pilkada 2020 lalu. "Tanda koalisi sudah ada. Dibawah lambang Ka'bah lambang PPP itu masih ada garis kuningnya. Ini yang membuat kami yakin, koalisi masih bisa berlanjut," kata Doni Ikhlas yang bakal menjadi pimpinan DPRD Limapuluh Kota periode 2024-2029.


    Sementara itu, bupati petahana Safaruddin Dt Bandaro Rajo menyebut, PPP sudah menjadi rumahnya sejak maju Pilkada 2020 lalu. "Pilkada 2020 lalu, PPP sudah rumah kami. Insyallah, Pilkada 2024, PPP tetap rumah kami. Golkar bersama PPP dan beberapa parpol lain, tidak hanya akan berkoalisi. Tapi juga membangun kekuatan demokrasi, dalam rangka memajukan daerah. Dalam rangka mewujudkan Limapuluh Kota maju, madani, dan berkelanjutan," kata Datuak Safar.


    Politisi sederhana yang mengawali karir politik dari kepala desa hingga terpilih menjadi anggota DPRD kabupaten, DPRD provinsi dan bupati ini menjelaskan, bahwa selama lebih kurang empat tahun kepemimpinannya, baru bisa meletakkan langkah-langkah dasar visi dan misi daerah. Sedangkan program-program startegis lainnya, ada yang sudah bisa diwujudkan dan ada yang masih perlu dilanjutkan.


    "Jadi, kita maju kembali sebagai bupati untuk periode kedua, bukan menginginkan jabatan semata. Tapi, tak lain dan tak bukan, melaksanakan visi-misi yang belum tuntas. Ini akan kita lanjutkan. Insyallah, Golkar dan PPP, serta beberapa partai politik akan berkoalisi. Saya selaku kader Golkar yang diturunkan Ketum dan Sekjen sejak 20 Nofember 2023 untuk jadi calon bupati, siap membangun kekuatan demokrasi dengan seluruh parpol," kata Datuak Safar.


    Menurut Datuak Safar, Partai Golkar memiliki lima agenda sukses. Tiga diantaranya adalah sukses Pileg, sukses Pilpres, dan sukses Pilkada. "Alhamdulillah, untuk Pileg, Golkar mesti masih dapat 5 kursi, tapi meraih suara terbanyak di Limapuluh Kota dan peringkat kedua nasional. Kemudian, untuk Pilprea, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang diusung Golkar, juga sudah terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden," kata Datuak Safar.


    Kini, target berikutnya adalah sukses dalam Pilkada. "Insyallah, Golkar dengan PPP dan partaI lain yang akan bergabung, akan sukses bersama-sama. Insyallah, kita akan menang bersama-sama

    Terimakasih pada Pak Haji Ermizal Jalinus dan pengurus DPC PPP Limapuluh Kota yang sudah menerima kedatangan kami. Semoga ke depan, kita bisa sama-sama berkaya dan mewujudkan pembangunan di Limapuluh Kota," kata Datuak Safar.


    Disisi lain, pertemuan pengurus Golkar dan PPP Limapuluh Kota Senin siang (20/5), langsung dibarengi dengan kabar, Safaruddin Dt Bandaro Rajo bakal berpasangan dengan H Ermizal Jalinus dari PPP dalam Pilkada 2024 ini. Kabar tersebut, tidak ditepis oleh politisi muda Partai Golkar Limapuluh Kota, M. Fajar Rillah Vesky.


    "Dalam politik, tidak ada yang mustahil. Bisa saja, H. Safaruddin Dt Bandaro Rajo bakal berpasangan dengan H Ermizal Jalinus atau Haji Emi. Karena mereka sama-sama berpengalaman di pemerintahan dan DPRD. Pak Haji Emi orang baik. Cocok dengan Pak Safaruddin. Jika Pak Haji Emi masih belum berkenan, saya pikir PPP masih punya kader. Yakni, Wirman Dt Pangeran Nan Putiah, calon terpilih DPRD Sumbar," kata Fajar.


    Menurut Fajar Rillah Vesky, selain H Ermizal Jalinus dan Wirman Dt Pangeran, Bupati petahana Safaruddin Dt Bandaro Rajo bersama Partai Golkar, sebenarnya sudah mengantongi lebih dari 10 nama sebagai pendamping Bupati Safar untuk maju pada periode kedua ini. Diantara nama itu, ada yang sudah bertemu langsung dengan Bupati. Bahkan, membawa rombongan.


    "Diantara kandidat wakil bupati yang sudah bertemu Safaruddin Dt Bandaro Rajo adalah Wahyudi Thamrin SH MH (pengusaha dan aktivis) dan Buya Usni Adri Tuanku Adam Bagadiang (Pimpinan Wirid Silaturahmi Sumbar). Kemudian, Darman Sahladi (mantan Ketua DPRD),  Fikri Hidayat (politisi Gerindra), Kelvin (politisi muda PPP Kampar), Ir. Efrinaldi "Sarasah" (tokoh perantau), Olly F Wijaya (Wali Nagari Sarilamak), dan masih banyak nama lainnya. Seperti Marsanova Andesra (Ketua PAN) yang juga layak untuk diperhitungkan," kata Fajar Vesky.


    Tentu saja, menurut Fajar, perkembangan politik, masih akan dinamis ke depannya. "Yang jelas, seperti disampaikan Bapak Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Golkar memasang target sukses Pilkada 2024. Dan kita sebagai kader, tentu tegak lurus bersama beliau. Bagaimana menyatukan semua potensi untuk bersama-sama mewujudkan Limapuluh Kota maju , madani, dan berkelanjutan," kata Fajar Rillah Vesky. (Rel)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    TUAH NUSANTARA

    +